Sepantun Puisi Untuk Ney

Ney, Ada sepantun puisi
berlampiran beningnya hati
berisi cinta nan murni

untukmu,untukku, untuk kita

"Dan cinta kita memang sementara
Kau tahu kan nirwana?
disana cinta yang selamanya
bukankah kau ingin selalu Gembira?"

*tag namamu ney

Read more


sudah ah, Jangan lagi Kau cemburu

Kembali malam ini kubuat Kau menangis
Apakah Aku lupa janji setiaku kepadamu?
Tak mungkin sayang, Aku cinta Kau Manis
Atau memang Kau Wanita pencemburu?

Biarkan saja cerita indah usangku
Kini yang kucinta hanyalah dirimu
Kau satusatunya harapanku
sudah ah, Jangan lagi Kau cemburu


*ney

Read more


Hanya Memajang Award Nuansa Pena



  1. Dengan sedikit syarat dari pemberi Award sebagai berikut :
    1. Memberikan award ini ke teman blogger lainnya, minimal satu orang. Hal ini akan menjadikan antar sahabat saling menyapa sehingga memberikan efek silaturahim yang memperpanjang umur, InsyaAllah.
    2. Menuliskan minimal satu kalimat motivasi atau kalimat penyemangat atau nasihat yang memacu pikiran positif untuk kita semua. Boleh mengutip dari kata-kata motivator dunia ataupun dari manapun, asal disebut sumbernya ya.. :) Tapi kalau punya kalimat sendiri atau nasihat dari orang tua/teman/saudara yang ingin dibagi, pastinya boleh juga..


jawaban:
1.Cerita Tugu Pak Eka
2.~Jauhilah dengki, karena dengki memakan amal kebaikan sebagaimana api memakan kayu bakar.(Nabi Muhammad SAW)
~Yang terbaik di antara kalian adalah mereka yang berakhlak paling mulia.(Nabi Muhammad SAW) : Kumpulan kata bijak Harun Yahya.

Tuk Mas Edy Nuansa Pena diucapkan Makasih banyak Ya, dan Maaf bila Hanya Memajang Award Doang... :-)

Read more


Bertanya tentang Kebenaran

Sebuah kebenaran akan tetaplah benar meski di dunia hanya ada satu orang yang mengatakan. Dan Sebaliknya pula sebuah kesalahan, Akan Tetap salah meski dikatakan benar oleh semua orang. Permisalan yang mudah adalah 1 ditambah 1 sama dengan 2, ala jawaban matematika tentunya.

Tentu Sampai matipun kita akan memegang teguh keyakinan kita tentang hasil 2 ini. Karena kita yakin kebenaran tentang itu, dan bisa dibuktikan secara nalar. Meskipun andaikata seluruh orang di dunia mengatakan hasilnya bukan 2, keyakinan kita tetap tak tergoyahkan tanpa mamang, tanpa ragu sedikitpun;melebihi sekokoh kokohnya karang yang paling kokoh. Iya Nggak? :-)

Nah, Kita Enak hidup di jaman sekarang. Dimana kaidah tentang mana yang benar dan mana yang salah sudah ribuan orang yang merumuskan. Tinggal tekun mempelajari, Cari guru yang mumpuni, Trus diyakini. Benar atau salahkah rumusan ribuan orang yang terdahulu itu. Kalau salah tinggalkan, Kalau benar tinggal dipatuhi sampai mati.

Namun anehnya menilik kejadian2 dari dulu sampai sekarang kok banyak penyimpangan2 dari sebuah kebenaran ini. Apa memang kebenaran itu yang salah, ataukah kesalahan sudah makin membudaya. Atau memang kebenaran hanyalah sebuah kata kebenaran?
Atau, Apa Yah?

Read more


Daniel Van Buyten : Back Cendrawasih 11


Meneruskan kembali asal nyepak, setelah kemarin kemarin ada Michael Ballack hingga yang pertama pertama dulu Ibrahimovic, sekarang yang akan dibahas Daniel Van Buyten.

Dari situs wikipedia Profil tentang Pemain bertahan (Back) asal Belgia ini disebutkan hanya tentang TTL nya yaitu Belgia 7 Februari 1978, Sekarang bermain Untuk Bayern Muenchen; yang kemarin finalis Liga Champhions 2009/2010. Pindahan dari Hamburg SV pada juni 2006. Dengan nama Ayah Franz; pegulat eropa-1980 sd 1990- dan Ibu Renate; orang Jerman(Hannover).

Dan rasa2nya pemain bertinggi 196 dan berberat 96 kg ini pas sebagai penjaga keamanan tim impian cendrawasih 11 ini. Soalnya selain ahli dalam bola2 atas Van buyten ini juga ahli dalam mencetak gol, sampai2 Buyten dijuluki Van Buteur(Van pencetak goal). Kloplah menemani pemain2 yang sudah dulu hadir; Batistuta, Hamsik, Cantona, dan Davids.

Sepertinya hanya itu saja tentang Van Buyten ini, barangkali aja ada yang mo menambahkan informasi tentangnya?
Ya, Silahkan di Komentarin... He he he...!
Salam

Read more


Langit Bekasi

Mengitari langit Bekasi

Bertamasya menjala dara

Kubagi setangkai hati

Kupuja cinta selamanya

***
Tag: Ney bekasi, namamu ney di bekasi :-D

Read more


Lirik Assholatud Daa-im (Ya Hannan)

Masih tentang kesukaannya Ney, masih juga tentang lirik2 lagu kesukaanya.
Kemarin via hape, dia menyatakan kalo lagi suka dengan lagu atau qosidahan atau sholawatan ya tepatnya; yaitu Sholawatanya Sulis dan Hadad Alwi yang awalannya Assholatu Daa-im. Terus terang Saya gembira sekaligus bahagia mendengar Ney ternyata suka Qosidahan atau Sholawat ini, nggak kek kemarin yang minta lagunya Anang-KD yang kemarin minta dituliskan disini.

Hihihihihi.

Lha terus, Ya Saya pun nyari lirik qosidahan ini saja sebagai updetan Blog Cendrawasih Ini di google. Dan ternyata dengan kata kunci Assholatud daa im, lirik lengkapnya ngak ketemu. Akhirnya nyarinya pake kata kunci Ya Hannan, yang akhirnya ketemu juga lirik lengkapnya qosidahan ini. Ya Akhirnya pun Copas saja dari sini.
gituh..

Moga nggak bosen dengan lirik2 lagunya Ney eh Achen ini.
Yuks Ah mari... :-)

Ya Hannan (Assholatud Daa-im)

Asholatud Daim Annabi Bani Hasyim
’Ala Ya Allah
Asholatud Daim ’Alan Nabi Bani Hasyim

Asholatud Daim Annabi Bani Hasyim
Asholatud Daim ’Alan Nabi Bani Hasyim

Asholatud Daim Annabi Bani Hasyim
’Ala Ya Allah
Asholatud Daim ’Alan Nabi Bani Hasyim

Ya Hannan Ya Mannan
Ya Qodiemal Ihsan
Bahro Judik Malyan
Judlana Bil Ghufron

Asholatud Daim Annabi Bani Hasyim
’Ala Ya Allah
Asholatud Daim ’Alan Nabi Bani Hasyim

La Tukhoyyib Roji Tahta Babik Laji
Lam Yazal Fidzaji Qoilan Ya Hannan

Asholatud Daim Annabi Bani Hasyim
’Ala Ya Allah
Asholatud Daim ’Alan Nabi Bani Hasyim

Bin Nabiyyil Ummi Wa Khodijah Ummi
Walbatulil Khotmi Sayyidatin Niswan

Asholatud Daim Annabi Bani Hasyim
’Ala Ya Allah
Asholatud Daim ’Alan Nabi Bani Hasyim

Dan Salam. :-)

Read more


Komentar M Faizi Tentang Tipografi Menipu Arti

Di notes FB nya Buwel Cikrik, ada komentar dari Sobat M Faizi yang cukup menarik; Beliyyaw mengomentari notes FB yang kalau di postingannya di blog Buwel itu Puisi Tuhan Adalah Engkau. Komentarnya Beliyyaw berjumlah dua:
Pertama:

M Faizi Guluk-Guluk
tipografi menipu arti

Kedua:
M Faizi Guluk-Guluk
numpang mejeng dikit, kang...

Aku berlindung dari sajak penyair
yang menyepuh hak kepada batil
karena kebenaran yang disamarkan...
pada majas menipu tafsir

Aku berlindung kepada Allah
yang melaungkan jalan pulang
bagi puisi di rimba bahasa
menulis sekarang untuk esok dan lusa
membaca yang fana untuk yang baka


Namun, Saya hanya akan mengeshoot dari komentar2 diatas pada kata Tipografinya saja; sebagai lanjutan dari Anatomi puisi menurut Marjorie Boulton dan Tentang Inversi di Puisi.Tentu saja semampu saya atau sepengetahuan saya saja. He.

Tipografi

Tipografi atau disebut juga ukiran bentuk. Dalam Puisi didefinisikan atau diartikan sebagai tatanan larik, bait, kalimat, frase, kata dan bunyi untuk menghasilkan suatu bentuk fisik yang mampu mendukung isi, rasa dan suasana. Ehng, jadi kalo dinisbatkan ke anatomi puisi menurut Marjorie; Tipografi ini masuk pada unsur yang pertama. :-)

Tipografi ini mengalami perkembangan dan perubahan semenjak muncul aliran ekspresionisme, sekitar sesudah perang dunia pertama kalo nggak salah. Kalau di puisi tradisional milik kita, seperti Pantun, Syair, Gurindam ataupun Talibun, serta Seloka; Tentu bisa dilihat dengan jelas bentuk susunan yang teratur. Katakanlah terpola abab pada pantun. Nah Di Puisi2 ekspresionisme ini susunannya terkadang tak terpola. Meskipun si Penyair ekspresionis terkadang menggunakan pola2 tipografi puisi tradisional juga.

Namun, tak berarti Puisi modern atau ekspresionis katakanlah menjadi tak berdasar; hingga hanya karena supaya dibilang ekspresionis menjadi tak berdasar; itu enggak.

Penyair2 ekspresionis tentu memiliki kaidah tersendiri dalm menyusun puisi2 nya untuk menimbulkan kesan tertentu yang dirasakan sendiri hinga puisi itu tercipta.

Dan contoh contoh tentang bentuk atau tipografi di Penyair2 Kita tentu banyak sekali. Yang saya ingat puisinya Sutardji C. Bahri yang Ah kalo nggak salah.

------------------------
Dan sebagai penutup, Saya menuliskan link2 tentang Sobat M Faizi ini, Sebagai rasa terimakasih Saya tentang Komentarnya Beliyyaw hingga tercipta postingan tentang tipografi ini:

~http://m-faizi.blogspot.com/
~http://kormeddal.blogspot.com/
~http://www.myspace.com/sareyang
~http://kormeddal.multiply.com/
~http://titosdupolo.blogspot.com/
~http://www.sastra-indonesia.com/2010/03/puisi-puisi-m-faizi-4/
~http://www.facebook.com/people/M-Faizi-Guluk-Guluk/1280062425
~http://indonesiatera.com/M.-FAIZI.html
~http://sintayudisia.wordpress.com/2009/05/11/resensi-the-road-to-the-empire-catatan-indah-dari-kiai-faizi/
~http://blogs.myspace.com/sareyang
~http://www.sastra-indonesia.com/2009/01/prosa-prosa-m-faizi-4/
~http://www.luziansya.com/search/Sastra+Gerilyawan:+Puisi-Puisi+M.+Faizi

Dan Salam...

Read more


Lirik & Video Makin Aku Cinta- Anang KD

Ney kemarin kemarin meminta diriku untuk memosting lirik lagu dan Video Makin Aku Cinta nya Anang dan KD, katanya seh Ney cintanya lagi makin dan semakin cinta saja. :-D

Jadi DEMI NEY, dan juga karena permintaannya gampang dan memang belum ada ide untuk puisi asal, ya jadilah postingan singkat tentang lirik dan video makin aku cinta nya anang dan KD ini. Selamat Menikmati... :-)



Makin Aku Cinta
Artist: Anang, Feat: Kris Dayanti
Caramu Mencintaiku
Menjauhkan kecurangan
Seperti bintang
Yang setia pada bulan

Memegang kukuh janji
Menemani aku sampai mati
Terpasung hati
Tulusmu mendampingi diriku

Makin aku cinta
Cermin sikapmu yang mampu
Merendam rasa keakuanku
(Mengerti, memahami cinta)

Caramu memanjakan ku
Kau rujuki kesejukan pagi
Memasang hati
Tulus aku, memasrahkan diri

Jangan pernah terbesit hati
Meragukan kesetiaan yang tercurah
Aku dan dirimu ditakdirkan satu
Langit jadi saksi

***
Sekalian Majang Award dari shasa imutz




Thanks Ea Sha, Dan Salam...

Read more


Fiksi Mini Tentang Penjahat Terwanted

Penjahat Terwanted

Meski dirinya penjahat terwanted;kategori terdied, dia nampak asyik keluar masuk istana sambil menenteng map yang berisikan ratusan amplop.

****
p.s: 'Fiksi Mini Tentang Penjahat Terwanted' rencananya akan diikutkan ke Kontes Fiksi Mininya Wi3nda, moga terkategorikan ya... :-)

Read more


Kenapa Malam Begitu Sebentar?

Aih, Kenapa malam begitu sebentar?
Tiba tiba Adzan shubuh terdengar
padahal cumbuanmu baru saja menghajar
membekas di leher, biru, seperti memar

Duh, belum sampai cinta ke puncaknya
belum usai, belum memadai kita bercinta
ranjang kelambu sedih, seperti tak puas
di sela pualam di bibirmu, jernih, indah terhias

Aih, Kenapa Malam begitu sebentar?
di igauan campur kantukmu itu kudengar
Kenapa fajar cepat menyergap?
Ketika panah cinta belum tertancap

*****
notes: Kalo termasuk kocak diikutkan ke kontes puisinya mbak Fanny Fredlina dan Vixxiountuk novel lolita. He

Read more


Tag Dan Award Abdul Hafiz dan Mas Hamdan


1. Berapa blog yang kamu punya ? dan berapa umurnya ?
Blog yang saya bawa bewe ada dua; blog achen cendrawasih 11 dan cah-cikrik.
achen 9 bulan, buwel 16 bulan.

2. Sejak kapan kamu mengenal dunia blog ?
Pertama bikin blog kamu dan aku sekitar akhir 2009, sayang karena ada sesuatu hal blognya terpaksa dihapus... :-(

3. Mengapa tertarik membuat blog ? dan untuk apa ?
Blog saya alias achen ini sebenernya tercipta ketika pengin menampilkan sesuatu yang lain dari blog pertama; pengin nulis sesukanya tanpa identitas kebuwelan ataupun kecah-cikrikan... :-D, namun seiring berjalannya waktu ternyata saya rasa tak bisa dan mungkin banyak yang merasa kemiripan isi dan postingan maupun widget2 blog ini dengan blog yang pertama.

4. Apa kelebihan dan kekurangan dari blog kamu ?
Kelebihan: Menurut saya nggak ada, entahlah menurut anda?
kekurangan: Banyak yah, kurang banyak bewe dan OL.... :-D

5. Award dan tag ini berikan pada 5 teman bloger yang lainnya…..

1. Kak Sya
2. Non Inge
3. Mbak Delia
4. Bang Ocky
5. Neng Rara

Thanks tuk Tag dan Awardnya Ea, Duhai Abdul Hafiz dan Mas Hamdan Jogja
*maaf baru ditambahkan neh* dan judulnya jadi rubah TAG DAN AWARD ABDUL HAIZ DAN MAS HAMDAN*

Read more


Kisah Bapak Tua Kucing dan Cucunya

Di keramaian kota, di kerumunan banyak orang
di panas terik cuaca, di jalan raya banyak lalu lalang

dirimu, wahai bapak tua
mencari cucumu yang terpisah denganmu
10 menit yang lalu
entahlah.. cucumu hilang kemana?

Dueiiirr! Aaaaaaihhhhh
Minggir! Eh ada apa sih?

Orang-orang langsung mengumpul, melingkar
berjubel saling menimbun, padahal kecelakaan baru sebentar

Bapak tua was was
di hati sangat cemas
ikutan mencoba menerobos lingkaran
Ah nggak ini cucuku jangan-jangan...

Namun apadaya
bapak tua tak lagi perkasa
ia tak sangup menerobosnya
Akhirnya...

AHHHHHHHAAAA!

Ia pun merangsek, sembari teriak
'dia cucu saya
dia cucu saya'

Spontan saja, kerumunan orang memberi jalan
bapak tua cepat-cepat mendekat
di antara siapkan airmata dan penasaran
moga saya tak datang terlambat

sementara orang orang pemberi jalan menahan tawa
apa mungkin kucing yang tertabrak itu cucu pak tua?

Bapak tua tak tahu harus berbuat apa
malu, gembira menjadi satu
tiba tiba ada tangan kecil meraih tangannya
Ah... Cucuku... Cucuku.....

*****
p.s: Kisah Bapak Tua kucing dan Cucunya adalah adaptasi dari kisah lucu yang dikirimkan ney ke hape saya, dan mudah2an bisa dikategorikan puisi lucu sehingga bisa diikutkan kontes puisinya Sang cerpenis Bercerita dan Vixxio serta mendapatkan novel Being 17... :-)

Read more


Bercinta di Udara

Memelukmu menciumimu

bercinta di udara

Kau dan Aku ke angkasa

terbang, jelajahi langit raya

lihat! nirwana kita

Ah, nikmatnya indahnya

Obati rindu jiwa dan raga

Read more


Alexa- Dewi lirik

Ku tanamkan hatiku tumbuh bersamamu
Tak 'kan ku petik hingga akhir masa hidupku

Dengarlah kau dengar
Selama bumi berputar
Ku tetap milikmu

Dewi bukalah ke dua matamu
Pandanglah ruang di hatiku
Dewi berikan nafasmu untukku
Agar ku hidup bersamamu.. bersamamu terus bersamamu

***

tag: alexa-dewi lirik

Read more


Sajak Buah Hati



menjelang dinihari
hendak menuju pagi
pengorbanan dua kantuk
menuju bahagia terbentuk

Tuhan
Moga masih pantas ku panggil Kau demikian
Kapan buah hati bisa terwujudkan?

*gambar dari http://problemamuslim.wordpress.com/2009/07/06/buah-hati-titipan-illahi/

Read more


Tentang Syair,Contoh, Ciri Ciri & Asal Katanya

Setelah dalam postingan kemarin saya membahas Talibun, Seloka, Wangsalan dan Mantra; sekarang saya hanya akan melanjutkan postingan jenis puisi tradisional selanjutnya yaitu Syair, beserta ciri-cirinya tentu seperti judul, He

Syair yang merupakan puisi tradisional yang cukup tua yang tumbuh dan bertunas setelah masuknya peradaban islam ke indonesia, Kata para ahli sejarawan Sastra; Kata Syair sendiri berasal dari kata Syu'ur yang artinya perasaan.

Syair yang merupakan puisi tradisional, mendapatkan pengaruh kesusasteraan islam seperti pantun. Syair juga digunakan untuk melukiskan sesuatu yang panjang, bisa tentang suatu cerita, ilmu, persahabatan dan lain lain.

Sedang ciri ciri atau karakteristik syair adalah sebagai berikut:
~ Tiap bait terdiri dari 4 baris
~ Biasanya setiap baris terdiri dari 4 kata
~ Sajaknya a-a-a-a
~ Ke empat baris merupakan rangkaian isi atau pesan

Dan saya jadi merasa kalo Syair Ceng-Lu saya kemarin ternyata bukanlah Syair, Karena tak mengikuti karakteristik Syair diatas; Untuk itu saya tuliskan Contoh Atau Bentuk Syair yang diambil dari situs Ashaid's Weblog (http://ashaid.wordpress.com/2009/04/29/puisi-syair-kwatrin/) sebagai penutup postingan Syair Ini:

Seri Negeri gelaran diberi
Sebuah pulau cantik berseri
Bernaung dibawah sebuah negeri
Raja berdaulat Paduka Seri

Lautnya biru pantainya indah
Makam Mahsuri lagenda sejarah
Puteri Melayu tak mudah menyerah
Tujuh keturunan dimakan sumpah

Pulau lagenda dimakan sumpah
Tujuh keturunan tamatlah sudah
Kini makmur melimpah ruah
Semua penghuni tersenyum megah

Dan Salam... :-)

Read more


Kangen Lagu Kangen Dewa 19

Duh, lagi kangen ajah dengan lagu Kangen nya Dewa 19, Dewa tempo doeloe, Dewa saat vokalisnya masih Arie Lasso, bassis Erwin Prasetya dan drummer Wawan Juniarso.

Dan untuk sekedar mengobatin rasa Kangen terhadap Lagu Kangen nya Dewa 19 ini terpaksa nyari Video jadulnya lagu Kangen ini beserta liriknya. Moga saja ada yang lagi ngerasain hal yang sama kek saya.... he









Kangen
oleh: Dewa 19

Kutrima suratmu `Tlah kubaca dan aku mengerti
Betapa merindunya dirimu aKan hadirnya diriku
Didalam hari-harimu Bersama lagi

Kau tanyakan padaku Kapan aku akan kembali lagi
Katamu kau tak kuasa Melawan gejolak didalam dada
Yang membara menahan rasa Pertemuan kita nanti
Saat bersama dirimu

Chorus:
Semua kata rindumu
Semakin membuatku `tak berdaya
Menahan rasa ingin jumpa
Percayalah padaku akupun rindu kamu
Ku akan pulang Melepas semua kerinduan
Yang terpendam.....

Kau tuliskan padaku Kata cinta
Yang manis dalam suratmu
Kau katakan padaku Saat ini
Kuingin hangat pelukmu
Dan belai lembut kasihmu
Takkan kulupa slamanya
Saat kau ada di sisiku

Chorus

Jangan katakan cinta
Menambah beban rasa
Sudah simpan saja sedihmu itu
Ku akan datang.....

Chorus 2x



Dah gitu ajah postingan Kangen Lagu Kangen Dewa 19 nya
Salam... :-)))

Read more


wajah di balik cadar

Kenapakah hatiku bergetar
memandang wajah di balik cadar?
Entahlah, padahal bukanlah kau
Penyejukku disaat aku risau

di tiap detik bukanlah kau!
saat ku sedih kau dimana?
saat ku gundah kau kemana?
kau pun tak tahu saat ku galau

Kenapakah hatiku bergetar
memandang wajah di balik cadar?
Mengapakah darahku berdesir
melihat indah di balik satir?

Bukankah aku tercipta untukNya
Mencinta menyayangpun karenaNya
Bukankah tiada dalih menduakan Tuan
di sadar dan tertidur, wahai kawan

Kenapakah hatiku bergetar
memandang wajah di balik cadar?
Mengapakah hatiku tak tenang
setiap waktu wajah terbayang?

O Maaf aku yang tak sempurna
O Maaf aku yang tak dewasa
O Maaf aku yang sederhana
aku hanya manusia biasa

Read more


NEY

Denganmu mungkin belum genap sebulan
namun,namamu begitu hangat menyergap
memeluk kencang di putingmu yang tak kenal kasihan
aku lelah;biarlah kau saja penuhi nyawaku,lengkap!

tag:namamu ney

Read more


Menyambut 1000 postingan Fanny Fredlina (Lagih)




Dengan nama Tuhan Sang Penguasa alam semesta

Dan Demi rangkaian kata
yang tertulis indah
termaktub di hibah cerpenis bercerita
ku terbangkan anganku, liar
mewujudkan gambarmu, ku kuntum diangan
ku rajut sebagai tulisan

Seperti makna namamu;bebas ceria, berbahagia bijaksana
menyejukkan menghibur jiwa bagai di musim kemarau
lalu ku dapati hujan di kediamanmu
yang aku dan kau saksikan tertoreh di jendela kacamu

Demi sebuah ketulusan
berkarya tak harapkan jasa
sinar cahaya selalu bertebaran
di kediamanmu, aku malu; diriku belum apa apa

Seperti kisahkisah diary yang menginspirasi
Kau bilang, Kau tak terlahir dari rahim si kaya
lalu kau berjuang, penuh motivasi
yang pun terus kau bagi di esok ataupun senja

Demi nama persahabatan;untuk sebuah perkenalan.
tertulis puluhan sobat dan rekan,terbalut diuntai kata gemulai nian
yang lahirkan sebuah reviewan; sebagai bentuk penghargaan
yang lagilagi teratasnamakan sebuah persahabatan

Seperti namanama Tuantuan
Nyonya, nona, abangabang sekalian
di intermezo yang kau dan aku samasama saksikan

Ku harap engkau selalu begitu
tak luntur, teriming yang apapun itu
hingga nanti akhir waktu
yang kau dan aku saksikan; manisnya senyum Tuhan untukmu

Read more

frends

Kategori

Blog Lirik